06 Februari 2009

Penjual Mie Ayam Kok Jadi Presiden...

Beberapa waktu lalu, saya dan temen temen sedaerah yang kuliah di jogja, ngadain sosialisasi rutin tentang ugm ke beberapa SMA, mulai dari cara masuk, jurusan jurusan yang ada, ujian masuk sampai jualan tiket try out um ugm.

Singkatnya, saya kebagian jatah untuk menyambangi kelas saya dulu, 3 IS 3. Dan setelah presentasi beberapa menit, walaupun pada rame sendiri, ada sesi untuk tanya jawab.
Nah disinilah saya ketemu dengan adik kelas yang kayaknya antusias nanya nanyanya.
Dan kayaknya saya juga pernah liat wajahnya.

Mas jurusan apa ?
Kuliahnya kayak gimana ?
Ospeknya gimana ?
Prospek kerjanya jadi apa ?
Mahal ga kuliah di ugm ?

Dan ketika ada yang nanya apa yang dipelajari di sosiatri, saya pun manggil temen yang kebetulan ambil sosiatri.

Setelah dia njawab pertanyaan adik kelas tadi, sang adik kelas nyletuk
"Aku wis tau ngedoli mbakè lho / Saya udah pernah ngelayani mbak ini lho"
Temen saya pun kaget dan bertanya dimana dia pernah melayaninya.
Temen temen adik kelas saya itu pun serentak ngejawab bahwa dia adalah penjual mie ayam batas kota. Tempat makan yang banyak ditongkrongin anak muda di daerah saya.

Sayapun seketika ingat. Kebetulan saya pernah makan di tempat itu. Dia kalo ga salah berjualan mie ayam cuma sama adik ceweknya. Dia yang masak dan adiknya yang ngelayanin pembeli.

Wow.
Saya merasa tersindir.
Selain dia udah bisa cari duit sendiri, dia juga punya kemauan buat bisa ngelanjutin pendidikannya.
Coba saya jadi dia, saya mungkin ga bisa kayak dia.
Ga setegar dan ga setabah dia

Dan ketika salah seorang temannya berkata PENJUAL MIE AYAM KOK JADI PRESIDEN, (walaupun dia saya rasa cuma bercanda), dan hanya ditanggapi dengan sebuah senyuman (kecut) dari adik kelas saya tadi, saya merasa bahwa pendidikan di Indonesia (baca: ugm) memang tidak lagi untuk semua rakyat.
Hanya rakyat tertentu saja yang bisa mengaksesnya.
Rakyat yang berduit tentu saja.

Saya kembali teringat di tahun angkatan saya, katanya ada seorang calon mahasiswa dari Medan yang gagal kuliah di ugm dan terpaksa kembali ke kotanya karena tidak ada biaya untuk membayar (kalo tidak salah) uang masuk ugm.

Dan yang pasti, saya akan mendoakan adik kelas saya tadi agar mendapatkan 'sesuatu' yang terbaik baginya setelah ia lulus nanti.
Entah dengan atau tanpa ugm.
Aminn...

Related Post



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Makane kuliah d stan ae,
gratiz
:-D

Anonim mengatakan...

pinginnya sih gitu, sayang otaknya ga cukup kuat :p